Selasa, 03 Mei 2011

CONTOH RPP BARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD NEGERI 1 MAKMUR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / II
Materi Pokok : Hubungan Sumber Daya Alam dan Teknologi
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit ( 2 X pertemuan)

A.Standar Kompetensi
11.Memahami sumber daya alam dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat

B.Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
2. Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

C.Tujuan Pembelajaran
Setelah mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,siswa dapat:
memahami tentang sumber daya alam dan lingkungan
mengidentifikasi macam-macam sumber daya alam
memberi contoh masing-masing dari sumber daya alam
menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
Setelah menjelaskan tentang sumber daya alam dan teknologi, siswa dapat:
memahami tentang teknologi yang ada saat ini dan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal
mengidentifikasi hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi
menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi
mengaplikasikan teknologi dengan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal
D.Indikator Hasil Belajar
Setalah melakukan diskusi dan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan tentang sumber daya alam,lingkungan,dan teknologi
Setelah melakukan pengamatan dan diskusi siswa dapat menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
Setelah melakukan percobaan dan pengamatan siswa dapat menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

E.Karakter Siswa yang Diharapkan
Setelah proses pembelajaran selesai siswa diharapkan memiliki rasa disiplin,peduli terhadap lingkungan,memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar tempat tinggalnya dengan baik,memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya,perhatian,dan tanggung jawab.

F.Materi Essensial
Semua kekayaan alam yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut sumber daya alam.Misalnya meja,kursi,nasi,telur,buah-buahan,dan lain-lain.Lingkungan adalah alam di sekitar kita,dimana sumber daya alam terdapat di dalam lingkungan.Sumber daya alam dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan sifat (dapat diperbaharui,tidak dapat diperbaharui,tidak habis),berdasarkan jenis (biotik,abiotik).Dengan menjaga lingkungan dengan baik maka sumber daya alam juga akan terjaga dengan baik.
Teknologi adalah suatu produk yang dihasilkan dan digunakan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.Beberapa pengolahan sumber daya alam yang memanfaatkan teknologi adalah pengolahan kayu,pengolahan bahan makanan,pembuatan bahan pakaian,pembuatan ban,pembuatan kertas,pembuatan ban,pengolahan minyak bumi,dan lain-lain.


G.Rincian Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Waktu
1.Pendahuluan
Guru mengucapkan salam
Guru menyuruh salah satu dari siswa untuk memimpin doa
Guru melakukan presensi
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Guru memberikan motivasi kepada siswa berupa kata-kata penggugah bahwa mereka harus belajar yang rajin agar bisa pandai dan meraih cita-cita mereka
10 menit
2.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan secara garis besar tentang sumber daya alam,lingkungan,dan teknologi
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan memberi kepada setiap siswa satu nomor,dimana nomor tersebut mewakili mereka jika nanti di suruh maju
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang disampaikan tadi untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang materi tadi
Elaborasi
Setiap kelompok diberi beberapa soal yang nantinya harus dijelaskan di depan kelas
Guru memfasilitasi dan membimbing siswa dalam mencari jawaban
Setiap siswa dipanggil secara acak untuk mewakili kelompoknya sesuai dengan nomor yang didapat jadi setiap siswa harus mengetahui hasil diskusinya
Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya ataupun manyanggah
Jika siswa sudah tidak ada pertanyaan maka guru memberikan beberapa pertanyaan untuk meyakinkan guru bahwa materi yang disampaikan sudah bisa diterima siswa dengan baik
Konfirmasi
Dari jawaban beberapa siswa yang maju,guru mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa tentang materi tersebut
Kemudian guru memberikan penjelasan lebih rinci lagi tentang sumber daya alam,lingkungan dan teknologi
Guru membantu siswa menyelesaikan permasalahan mereka tentang hal-hal yang belum dimengerti
Evalusi
Guru memberikan penilaian terhadap hasil analisis dan partisipasi siswa dan memberi tahu siswa terhadap penilaiaan yang diberikan guru untuk bisa dievaluasi bersama-sama
Guru bersama-sama siswa membuat simpulan tentang materi tersebut
50 menit
3.Penutup
Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya,yaitu menyuruh setiap kelompok tadi untuk merendam potongan kertas di dalam panci selama 3-4 hari sampai menjadi bubur, membawa kain lap,garpu dan tepung kanji
Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) berupa,
Menyebutkan 5 contoh pemanfaatan teknologi untuk sumber daya alam
Guru menutup pelajaran


10 menit
Pertemuan ke-2
Waktu
1.Pendahuluan
Guru mengucapkan salam
Guru menyuruh salah satu dari siswa untuk memimpin doa
Guru melakukan presensi
Guru menanyakan kepada siswa ada PR atau tidak
Jika ada PR sebaiknya guru membahasnya terlebih dahulu bersama siswa sekaligus guru melakukan apersepsi yaitu mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
Guru memberikan motivasi kepada siswa berupa ice breaking agar siswa merasa pelajaran hari ini akan senang dan menyenangkan
10 menit
2.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru memjelaskan secara garis besar tentang pemanfaatan teknologi untuk pengolahan sumber daya alam
Guru memberikan pertanyaan “ada yang tahu bagaimana cara membuat kertas daur ulang”
Guru menyuruh semua siswa mengeluarkan bahan-bahan yang mereka bawa dan duduk bersama kelompoknya kemarin
Elaborasi
Guru menyuruh siswa untuk melakukan suatu percobaan untuk membuat kertas daur ulang yaitu dengan menambahkan tepung kanji ke dalam bubur kertas yang sudah direndam selama 3-4 hari
Kemudian guru menyuruh siswa menuangkan campuran bubur tadi di atas kain lap lalu meratakan dan mengiling bubur kertas sampai tipis,jika sudah tipis didiamkan sampai agak kering dan menjemurnya di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering
Guru menyuruh siswa untuk membuat catatan tentang bagaimana cara membuat kertas daur ulang yang baru saja dilakukan
Guru memanggil beberapa siswa untuk maju ke depan menceritakan bagaimana cara membuat kertas daur ulang sesuai dengan apa yang mereka lakukan
Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya ataupun manyanggah
Konfirmasi
Dari jawaban beberapa siswa yang maju,guru mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa tentang materi tersebut
Kemudian guru memberikan penjelasan lebih rinci dan benar tentang pengolahan sumber daya alam dengan meamnfaatkan teknologi terutama pembuatan kertas daur ulang
Guru membantu siswa menyelesaikan permasalahan mereka tentang hal-hal yang belum dimengerti
Evaluasi
Guru bersama-sama siswa melakukan evaluasi untuk menilai hasil kerja siswa,hasil laporan,dan partisipasi siswa dalam percobaan tersebut
Guru bersama-sama siswa membuat simpulan tentang materi tersebut
50 menit
3.Penutup
Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) berupa,
Menyebutkan 5 contoh pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan
Guru menutup pelajaran
10 menit



H. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Sains,Teknologi,dan Masyarakat
Metode Pembelajaran :
Pertemuan ke-1 : Numbered Heads Together
Pertemuan ke-2 : Inkuiri

I.Sumber,Alat,Bahan,dan Media Pembelajaran
1.Sumber Belajar :
Sarjan, dkk. 2004. Sains untuk SD dan MI Kelas 4. Klaten: Sahabat
Priyono, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Erlangga, Putra. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI. Klaten: Intan Pariwara
2.Alat
Pertemuan ke-2 (Percobaan membuat kertas daur ulang)
Kain lap
Tepung kanji
Garpu

3.Bahan
Pertemuan ke-2 (Percobaan membuat kertas daur ulang)
Bubur kertas hasil rendaman potongan kertas selama 3-4 hari

4.Media Pembelajaran
Media ada
Kertas berisi nomor
Laptop,LCD
J.Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Aspek Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Mendeskripsikan sumber daya alam, lingkungan,dan teknologi
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
Tugas individu
Tugas kelompok
Kognitif
Psikomotor
Afektif
Laporan hasil analisis
Uraian

Terlampir
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
A.Produk (Hasil Diskusi)
B.Performansi

LEMBAR PENILAIAN
Diberi nama-nama siswa dan nilainya,
diberi nama kepala sekolah dan wali kelas

Lampiran 1

LEMBAR KERJA SISWA 1

Soal untuk didiskusikan dengan kelompok
Apa yang dimaksud sumber daya alam dan sebutkan macamnya?
Apa yang dimaksud dengan lingkungan dan teknologi?
Apa hubungan antara sumber daya alam,lingkungan,dan teknologi?
Sebutkan pemanfaatan teknologi untuk pengolahan sumber daya alam?

Setiap kelompok harus mendiskusikan dan mencatat hasil diskusi

Lampiran 2

LEMBAR KERJA SISWA 2

Pembuatan Kertas Daur Ulang
A.Alat
Kain lap
Tepung kanji
Garpu

B.Bhan
Bubur kertas hasil rendaman potongan kertas selama 3-4 hari

C.Langkah-langkah kegiatan
1.Ambil kertas bekas yang tersedia,gunting menjadi potongan-potongan kecil
2.Masukkan potongan kertas bekas ke dalam panci berisi air
3.Rendam potongan kertas selama 3-4 hari sampai menjadi bubur
4.Tambahkan tepung kanji lalu aduk sampai merata
5.Tuangkan bubur kertas di atas kain lap
6.Ratakan bubur kertas dan giling sampai tipis
7.Diamkan bubur kertas sampai agak kering
8.Jemurlah bubur kertas yang sudah agak kering di bawah sinar matahari sampai kering
9.Jadilah kertas daur ulang buatan sendiri


Lampiran 3

LEMBAR SOAL

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?
2.Sebutkan macam-macam sumber daya alam berdasarkan sifatnya?
3.Sebutkan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan disekitarmu?
4.Sebutkan manfaat dari sumber daya alam?
5.Apa yang dimaksud dengan lingkungan?
6.Apa hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan?
7.Apa yang dimaksud dengan teknologi?
8.Apa hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi?
9.Sebutkan contoh pemanfaatan teknologi untuk pengolahan sumber daya alam?
10.Bagaimana cara membuat kertas daur ulang

Catatan:
@ nomor jika benar skornya 3
Nilai = jumlah skor : 3


Lampiran 4

LEMBAR REMEDIAL

1.Bagaimana cara membuat kertas daur ulang?
2.Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui?
3.Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?
4.Bagaimana cara menjaga lingkungan?
5.Sebutkan contoh pengolahan makanan dengan menggunakan teknologi?



Catatan :
@ nomor jika benar skornya 5
Nilai = jumlah skor X 2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar